Tips: Melepas aki motor dan mobil yang baik dan benar

Melepas aki mobil dan motor kesayangan kita terdengarnya sepele dan mudah di lakukan. Anda pun tidak usah repot-repot ke bengkel langganan atau ke bengkel resmi, kita tinggal bongkar saja di rumah. Namun meskipun sepele, jika tidak di lakukan dengan baik dan benar maka akan merusak komponen kelistrikan mobil dan motor kesayangan kita.

Aki Motor. Sumber : Google

Aki Mobil. Sumber : Google

Berikut cara melepas aki mobil dan motor yang baik dan benar:

  1. Sebelum melepas aki, pastikan terlebih dahulu posisi kontak dalam keadaan "OFF" dan dalam keadaan mesin mati.
  2. Lepaskan penahan/dudukan aku dengan melepas baud.
  3. Dalam pelepasan kabel, kabel negatif (-) harus pertama kali dilepas lalu selanjutnya kabel positif (+) di lepas. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi percikan listrik.
  4. Dalam hal pemasangan di lakukan kebalikannya, kabel positif (+) di pasang pertama kali baru selanjutnya kabel negatif (-) yg di pasang.
  5. Untuk mencegah terjadinya konsleting. Sebuah kunci biasanya bersifat konduktor, jadi jika kita melepas kabel positif (+) terlabih dahulu ada kemungkinan kunci tersebut menyentuh badan negatif (-). (Dalam hal ini terjadi pada aki mobil)
  6. Saat penggantian aki yg baru, coba perhatikan ukuran dan kapasitasnya. Pastikan sama dengan ukuran dan kapasitas pada aki yang lama.
  7. Untuk mengetahui kabel mana yg positif (+) dan mana yg kabel negatif (-). Terlihat pada warna kabel atau tutup karet yang menempel pada aki anda. Posifit (+) untuk warna merah, dan negatif (-) untuk warna hitam
  8. Disarankan untuk tipe motor atau motor yg telah menggunakan teknologi ECU. Disarankan untuk mereset komponen ECU.
Dengan mengetahui tips yg berguna ini, tentunya kita tidak akan kesulitan untuk melepas atau mengganti aki mobil dan motor kesayangan anda. Jika masih mengalami kendala atau bingung, anda di sarankan ke ahlinya atau membawa kendaraan kesayangan anda ke bengkel resmi terdekat.

Sekian, semoga bermanfaat
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 - 2022 Catatan Kecil Sang Pelupa All rights reserved.