Tips: Menguras Minyak Rem Motor

Masa penggunaan minyak rem memang tergolong cukup lama, yaitu 1 tahun sampai 2 tahun. Sama halnya seperti bagian motor yg lain,  bagian ini pun harus tetap di cek juga karena menyangkut keselamatan pengendara itu tersebut.

Sebelum mengganti minyak rem, perhatikan terlebih dahulu pada tutup master rem, lihat kode minyak rem apa yg digunakan. DOT3, DOT4, atau DOT5.

Kode DOT3, DOT4, atau DOT5 pada minyak rem yg berarti untuk menjelaskan perbedaan titik didih atau boiling point. Untuk kepanjanggan DOT itu sendiri adalah Department Of Transportation. 

Contohnya untuk DOT3: minimal titik didih 205 Celcius, DOT4 minimal 230 Celcius, dan untuk DOT5 lebih tinggi dari keduanya. Bahan minyak rem terbuat dari bahan silicon yg sulit bercampur dengan air.

Untuk DOT3 sendiri lebih banyak di gunakan pada kendaraan berkecepatan tinggi dan kapasitas besar. Untuk pewarnaan tidak ada hubungannya langsung dengan kualitas. Tapi untuk kendaraan roda dua standar DOT3 saja sudah cukup, untuk harga pun cukup murah di kantong. Selain harga murah, suhu panas saat mengerem masih bisa ditahan.

Langsung saja cara untuk menguras minyak rem motor.
1. Buka tutup master rem terlebih dahulu.
2. Masukkan minyak rem kedalam tabung secara perlahan-lahan.
3. Pasang selang pada niple kaliper rem.
4. Pompa handel rem berulang kali sampai terasa keras (maksud dari ini adalah agar tidak ada angin/udara yg terjebak dalam tabung).
5. Tahan handel, sekaligus buka niple kaliper rem secara perlahan sampai minyak dan udaranya keluar.
6. Jika Telah selesai tutup kembali baut niple.
7. Sekali lagi tekan beberapa kali handel untuk mengeluarkan udara yg masih tersisa.
8. Atur jarak handel rem sesuai keinginan kita, dan tutup kembali master rem dan kaliper.
9. Segera bersihkan jika ada cairan minyak rem yg menetes ke bodi motor dengan kain bersih atau di siram dengan air bersih.

Sekian, Terima Kasih
Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 - 2022 Catatan Kecil Sang Pelupa All rights reserved.