Sharing harddisk dengan file system NTFS di linux

Kasus yg terjadi di kantor saya adalah ketika suatu komputer client mempunyai kendala pada motherboard nya dan ketika itu data ada di komputer tersebut sangat di butuhkan. Alhasil saya mencoba slave dengan komputer saya yg menggunakan OS linux ubuntu..

Awalnya saya mencoba sharing biasa pada linux ubuntu saya, dan ternyata nihil.
Akhirnya saya coba googling dengan kasus tersebut. Ternyata linux tidak mensupport harddisk NTFS untuk di sharing langsung pada linux

Setelah sekian lama surfing di web org bule sana, dapat lah sebuah script yg bisa langsung men-Sharing file NTFS yg ada pada komputer saya.

Untuk mengetahui jenis file system nya saya mencoba

$fdisk -l

Jika tidak bisa maka anda harus login dl sebagai administrator atau bisa menggunakan perintah Sudo.

Maka dengan perintah tersebut akan kelihatan /dev/sda1 yg menpunyai file system NTFS (dalam kasus ini file system NTFS saya ada pada /dev/sda1)

Selanjutnya masuk ke konfigurasi smb.conf

$sudo pico /etc/samba/smb.conf

Ketikkan script di bawah ini paling bawah

[Share]
 comment = sda1
 path = /media/user/DATA
 security = share
 read only = no
 guest only = yes
 guest ok = yes

 Removed valid users = %S
 Removed create mask
 Removed directory mask
 Added security = share
 Added guest ok = yes
 Added guest account = nobody
 force user = user

Keterangan :

path = isikan dengan media harddisk yg akan di share
force user = isi dengan user kalian, dalam kasus ini saya isi dengan user karena user linux saya dengan nama user

lalu save dan exit.
Setelah itu restart service samba dengan perintah

$service smbd restart

Saya mencoba akses dari windows
dan berhasil..

Saya hanya mendapatkan solusi tersebut dan berhasil saya coba


Sekian, semoga bermanfaat
Terima Kasih






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 - 2022 Catatan Kecil Sang Pelupa All rights reserved.